Social Icons

Pages

Sabtu, 07 Desember 2013

Awas CSS Cascading Style Sheets Blog Anda Dibajak Orang!

Mungkin sobat telah berbulan-bulan melakukan desain ulang pada template blog dengan mengubah beberapa kode pada CSS (Cascading Style Sheets) dan HTML (HyperText Markup Language), baik pada background, ukuran dan warna teks, text-shadow, bentuk dan warna link, bingkai (border), dll. Lalu tiba-tiba ada orang lain yang dalam waktu satu jam dapat mendesain blognya seperti blog sobat dengan cara membajak kode CSS-nya, apa yang sobat rasakan?

Sebenarnya, jika meniru sah-sah saja. Saya juga suka meniru blog orang. Kalau ada hal baru di blog orang lain, pasti saya cari tutorialnya. Tapi jika mengkopi-paste seluruh CSS yang telah diedit, itu kebangetan! Apalagi jika hasil redesign ini diklaim sebagai hasil karyanya. Sungguh memalukan!!! Apa mental bangsa kita sudah separah ini?

Belum lama saya menulis tentang masalah pembajakan terhadap artikel-artikel SC, sudah muncul pembajakan baru. Karena hal itulah, sejak kemarin malam, SC melakukan pen-disable-an terhadap salah satu fungsi mouse agar tidak terjadi lagi pembajakan terhadap kode CSS template SC, yang dengan susah payah selama berbulan-bulan dilakukan pengeditan sambil berjalan (bagi sobat yang sering mampir ke SC pasti tahu akan hal itu, karena tampilan SC senantiasa mengalami perubahan).

Nah, bagi kamu yang sudah dengah bersusah payah melakukan pengeditan selama berhari-hari (mungkin minggu, bulan, atau tahun) terhadap template blog kamu sehingga "tampil menggiurkan" banyak orang. Berhati-hatilah karena banyak pembajak di sekitar kita, yang tanpa malu-malu merampok hasil karyamu!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar